Lucky Charms Rainbow
Powered by Blogger.

Don't cry because it's over, smile because it happened

Tuesday, August 7, 2012

Tanda anjing sehat

  • Kulit
Anjing yang sehat memiliki kulit yang lentur, halus, tanpa luka, pengelupasan kulit yang berwarna putih, dan kulit berwarna kemerahan. Warna kulit mulai dari pink hingga coklat atau hitam tergantung dari jenis Ras anjing tersebut. Kulit kenyal dengan spot normal. Cek apakah anjing kesayangmu memiliki kutu atau parasit kulit lainnya.
  • Bulu
Bulu anjing yang sehat mengkilap dan lembut, tanpa ketombe, tidak pitak, dan tidak kelebihan minyak.
  • Mata
Mata yang sehat yaitu mata yang cerah dan bersinar. Lendir dan air mata yang keluar sedikit dan jelas masih bisa dikatakan normal. Lapisan merah muda pada kelopak mata tidak boleh meradang, bengkak, atau berwarna kuning. Bagian putih mata anjing seharusnya tidak berwarna kekuningan. Bulu mataseharusnya tidak mendekati bola mata.
  • Telinga
Kulit dalam telinga anjing harus berwarna merah muda dan bersih. Seharusnya terdapat sedikit lapisanlilin berwarna kuning atau kecoklatan, tetapi lapisan lilin atau kerak dalam jumlah banyak tidaklah normal. Anjing yang memiliki telinga sehat. Telinganya tidak terlihat kemerahan, tidak bengkak di dalam telinga, tidak sering menggaruk telinga, maupun sering menggeleng. Anjing dengan bulu panjang, telinga berbulu, seperti Cocker Spaniel, perlu perhatian ekstra untuk menjaga telinga tetap kering dan bersih, dalam dan luar.
  • Hidung
Hidung anjing biasanya dingin dan lembab. Warna hidung anjing bisa hitam, merah muda, atau sesuai dengan warna bulunyatergantung pada jenis Ras anjing tersebutLubang hidung anjing tidak berwarnakekuningantebal, penuh, dan tidak berbau busukHidung anjing yang basah/dingin tidak selalu berartianjing sehatdan hidung yang kering/hangat tidak selalu berarti ia sakitMengambil suhu tubuhnyaadalah cara yang baik untuk mengetahui adanya indikasi penyakit.
  • Mulut, gigi dan gusi
Gusi yang sehat berwarna merah muda, hitam, terlihat seperti kulit anjing. Anak anjing memiliki gigi putih bersih yang cenderung gelap seiring usia. Anak anjing memiliki 23 gigi bayi dan anjing dewasa memiliki sekitar 42 gigi dewasa, tergantung pada jenis Ras anjing tersebut. Ketika gigi dewasa tumbuh, mereka mendorong gigi bayi keluar dari mulut.
 Untuk memeriksa mulut anjing Anda, berbicaralah dengan lembut, kemudian letakkan tangan Anda di atas moncong anjing Anda dan angkat sisi mulutnya. Periksa gigi dewasa yang ada seperti seharusnya, dan tidak banyak gigi bayi. Pastikan gusi sehat dan napas tidak berbau busuk. Carilah materi putih lembut atau keras putih, kuning, atau bahan coklat. Materi tersebut adalah plak atau karang gigi dan harus dihilangkan dengan cara menyikat giginya.
 Infeksi mulut dapat menyebabkan masalah serius di gusi dan bagian lain dari tubuh, termasuk jantung, jadi penting untuk memberikan perhatian khusus pada gigi dan mulut anjing Anda.
  • Suhu Tubuh
Suhu normal tubuh anjing adalah 101-102,5 derajat Fahrenheit (38,3-39,2 derajat Celsius). Untukmegetahui suhu anjing AndaAnda akan memerlukan termometer rektal.  Caranya yaitu, taruh beberapa petroleum jelly pada bulatan termometerMintalah seseorang untuk menahan kepalaanjing Anda saat Anda mengangkat ekornya dan masukkan termometer sekitar satu inci atau lebih ke dalam dubur anjing Anda. Jangan melepaskan termometerTahan sampai suhu terbaca (sekitar 3 menit untuk termometer merkuri), dan kemudian lepaskan dengan lembut.
  • Detak Jantung dan Denyut Nadi
Karena terdapat berbagai jenis anjing yang bervarias, maka detak jantung mereka pun bervariasi.Jantung normal berdetak 50-130 kali per menit dalam keadaan  anjing beristirahat. Anak anjing dan anjing kecil memiliki kecepatan detak jantung yang lebih cepat, sedangkan anjing besar dalam kondisinormal memiliki detak jantung lebih lambat. Untuk memeriksa detak jantung anjing, letakkan jari-jari Anda ke bagian kiri dada anjing Anda, di mana Anda dapat merasakan detak yang kuat. Untuk memeriksa denyut nadi, yang kecepatannya yang sama seperti detak jantung, tekan dengan lembut di bagian dalam atas kaki belakang anjing Anda. Terdapat nadi di bagian tersebut dan kulitnya tipis, sehingga mudah merasakan denyut nadi.
  • Urine/Kotoran
Urine merupakan indikator yang baik untuk mengetahui kesehatan anjing, dan berwarna kuning jernih. Kebanyakan anjing dewasa buang air besar satu atau dua kali sehari. Kotoran harus berwarna coklat dankeras. Kotoran yang basah, berair, atau berdarah, mengejan,  terlalu sering atau jarang buang air kecilsebaiknya diperiksakan ke dokter hewan.
  • Berat Badan
Berat  badan anjing yang sehat adalah hasil dari keseimbangan antara diet dan olahraga. Jika anjingmendapatkan makanan bergizi dan olahraga yang cukup tetapi masih terlihat kelebihan atau kekurangan berat badan, mungkin dia memiliki masalah kesehatan. Jangan biarkan anjing Anda terlalu gemuk dengan memberinya terlalu banyak camilan di antara jam makan; obesitas sering berlanjung menjadi masalah kesehatan yang serius. Cara terbaik untuk mengetahui apakah anjing Anda kelebihan berat badan adalah dengan merasakan bagian katup tulang rusuknya (rib-cage area). Jika anjing Anda sehat, Anda dapat merasakan tulang rusuk di bawah permukaan kulit tanpa banyak lapisan (lemak).

0 komentar:

Post a Comment

Me .... :D

My photo
Im just a little girl in the big world,i have biggest dream make my parent and brother happy, around the world

Lovely Friends

  © Blogger Template by Emporium Digital 2008

Back to TOP