Lucky Charms Rainbow
Powered by Blogger.

Don't cry because it's over, smile because it happened

Friday, April 12, 2013

DANUR - RISA SARASVATI


Namanya risa sarasvati. dia punya kemampuan untuk melihat 'makhluk' selain manusia. karna kemampuannya itu, dia punya persahabatan unik dengan 5 anak hantu belanda. Peter, hans, hendrik, william, dan janshen.
Pertama kali risa bertemu mereka saat risa berumur 9 tahun. waktu itu dia pindah jauh dari orang tuanya ke rumah neneknya di Bandung. Dia yang sendirian sulit beradaptasi dengan lingkungan baru dan teman-teman SDnya. suatu hari risa pulang sekolah dengan menangis karna seharian di sekolah membuatnya sedih. dia lari menuju loteng rumah neneknya yang sepi dan jauh dari ruangan-ruangan lainnya. saat menangis tiba-tiba ada suara seseorang memanggil namanya. "risa..." risa melihat keatas, dilihatnya seorang cowok keturunan belanda berambut pirang agak kecokelatan dengan kemeja dan celana pendek cokelat, bersepatu kulit dengan kaos kaki putih. dia adalah peter, yang mengaku sebagai tetangga kompleks sebelah yang kemudian mengenalkannya pada hans, hendrik, william, dan jansehn.
2 tahun risa bersahabat dengan kelima anak belanda itu. dan baru setahun lalu risa tahu kalau mereka berlima adalah hantu.
Hari itu saat risa menutup matanya dan mendengar peter dan lainnya berteriak "risa jangan buka matamu risa ..jangan lihat kami" dan risa melihat mereka berlima berlumuran darah dan..tanpa kepala. hari itu risa sadar, bahwa dia punya kemampuan lebih dari manusia lain, yang bisa berhubungan dengan hantu. hari itu bukan rasa takut yang dirasakan risa tapi kasihan dan rasa sayang sampai ingin dipunguti kepala mereka satu-satu. dia berbisik "kalian masih sahabatku."
sejak itu persahabatan risa dengan 5 anak hantu belanda itu makin tak terpisahkan. dimana-mana ada kejahilan peter, pertengkaran hans dan hendrik, suara alunan biola william, dan raut muka lucu bergigi ompong janshen yang paling kecil diantar mereka, yang berumur 6 tahun -saat dia mati-. karna risa sudah tahu bahwa mereka adalah hantu, tidak ada lagi yang ditutup-tutupi. mereka perlahan-lahan mau bercerita apa yang terjadi dimasa lalu mereka. mengapa mereka mati diusia yang masih kecil dan hidup di rumah tua neneknya.
Dari cerita kelimanya, risa tahu kalo mereka semua adalah korban dari pembantaian nippon saat dulu mulai menguasai indonesia setelah lama dijajah belanda. mereka yang masih kecil, tiba-tiba didatangi nippon di depan rumahnya dan saat mencoba melarikan diri, tiba-tiba pedang tentara nippon menebas kepala mereka tanpa ampun, dan semenjak itu mereka hidup di antara bayang-bayang, kegelapan, tidak tahu pergi kemana.
mereka tidak saling mengenal satu sama lain. peter, mempunyai ayah belanda yang angkuh tapi ibunya baik hati dan tidak membeda-bedakan derajat pribumi dan belanda, peter selama ini ingin mencari ibunya. william, yang hidup sendiri meskipun mempunyai orang tua karna terlalu sibuk dengan kekuasaan waktu itu, dia selalu ditemani biola tuanya sampai dia mati. dan jansen si kecil yang waktu melarikan diri bersama pembantunya, jatuh ketanah dan giginya patah sesaat sebelum kepalanya ditebas oleh nippon dan membuatnya menjadi hantu dengan keadaan terakhirnya dengan gigi ompong.

4 tahun risa bersahabat dengan mereka, risa sangat sayang dan tidak ingin pergi tanpa ada mereka di sisinya. sampai risa berpikiran untuk hidup bersama didunia mereka. untuk seumuran risa yang sangat sayang dengan sahabt-sahabtanya, risa menyampaikan keinginannya itu dengan peter. "peter, beri aku wkatu samai seumuranmu, dan aku akan berusaha untuk mengakhiri hidupku agar slemanya bersama kalian." tapi saat risa berumur 13 tahun dnegan 3 kali dia mencoba bunuh diri, hasilnya nihil. risa mulai sadar hidupnya bukan utnuk dia sendiri, tapi masih ada orang lain disekitarnya, papa mama, adiknya. keluarganya. jam 12 malam tepat saat risa berulang tahun ke 13, peter managih janjinya. risa tidak bisa melakukannya. tidak seperti biasanya peretr akan merengek dan menarik tangannya, saat itu peter hanya berujar, "baik kalau itu maumu, kamu akan tumbuh semakin tua dan menjadi manusia mengerikan. kamu tidak akan bisa bertemu kami lagi." peter pergi dengan kilatan kemarahan di matanya.
risa cuma bisa menangis dan berharap besok pagi bisa normal seperti biasanya. tapi ternayta tidak, sejka saat itu risa tidka pernah bertemu lagi dnegan peter dan yang lainnya. tidak ada teman-temannya di saat risa membutuhkannya. sampai risa berumur 17 tahun, setiap hari dia berharap tiba-tiba ada jansehn yang mengagetkannya atau suara biola william di smaping tidurnya, tapi tidak ada. ternayat janji risa untuk hidup bersama mereka telah membuat peter dan yang lainnya marah samapi tega meninggalkan risa sendirian bertahun-tahun.
di sisi lain kemampuan risa untuk melihat hantu masih seperti dulu, yang lain, hantu yang muncul di sektarnya banyak hantu mengerikan. kadang risa histeris saat melihat mereka muncul dengan bentuk yang tidak sepantasnya dilihat. mereka banyak yang meminta pertolongan risa, banyak yang menanyakan mengapa mereka mati dengan keadaan seperti itu. buat risa yang berumur 17 tahun menanggapi pertanyaan-pertanyaan seperti itukebingungan dan takut. berbeda dengan peter dan teman-temannya dulu, yang tulus ingin bersahabat dengan risa. disaat-saat seperti ini risa ingin menghilangkan kemampuannya, tapi menginagt kelima sahabat masa kecilnya dulu, risa berusaha kuat meskipun hantu-hantu itu emngitku rias seperti mangnet.

ada satu cerita dimana risa didatangi hantu wanita yang mati bunuh diri. dia mati dengan mengikat tali tambang dilehernya. ternyata saat dia mati dan nyawanya keluar dari tubuhnya, tambang itu masih mengikat erat dilehernya sampai sekarang. namanya adalah asih. dia sudah lama mengamati risa -yang tahu bahwa dia bukan manusia biasa karna dikelilingi hantu belanda. pernah asih mencoba mendekati risa, tapi peter dan teman-temannya melototi asih agar pergi jangan mengganggu risa. suatu hari saat tahu bahwa risa telah lama sendiri tidak didampingi kelima sahabat hantunya, asih memberanikan diri untuk datang menemuinya. Saat itu risa sedang tidur, asih mencoba masuk ke rumah tua nenek risa. banyak halangan saat menuju kamar risa, disana banyak dihuni hantu belanda, asih harus berhati-hati menghindari mereka. karna mereka hantu belanda sangat tidak suka hantu lokal yang menurut mereka berbeda derajad dengan mereka mehehehe hantu aja masih pilih-liih :p. asih masuk ke kamar risa dan memleuk risa dari belakang. risa yang tahu ada seseorang dibelakangnya kaget saat menoleh dan ada sesosok asih dengan tali di lehernya. "siapa kamu! mau apa kamu!" risa menjauhkan badannya dari asih. "tolong lepaskan tali tambang di leher saya." suara asih terdengar mengiba. melihat itu risa sedikit tenang. "apa yang terjadi pada teteh? apa yang harus aku lakukan pada teteh?"
setelah itu asih menceritakan hidupnya, mengapa dia mencoba mengahkiri hidupnya karna dia mennangung malu dengan kehamilannya karna ditipu oleh seorang pria. risa menghapus air mata yang mengalir dimatanya. dia memeluk asih. "namaku risa teh, aku akan menolong teteh sebisaku." sesaat tali tambang di leher asih sedikit melonggar karna bahagia ada orang mendengar cerita hidupnya setelah mati.
Risa berusaha keras melepas tali tambang yang mengikat erat di leher asih tapi setelah lama dia berusaha tetap saja tidak bisa. "teh maafkan aku, aku tidak bisa melepasnya.." asih menggelang pelan, dia sudah cukup bahagia dengan bisa bercerita dengan risa. mungkin ini hukuman buat asih karna mengakhiri hidup melawan kehendak-Nya.
Orang yang mati bunuh diri untuk mengakhiri penderitaan hidupnya ternyata tetap membawa penderitaan di hidupnya setelah itu, malah semakin menderita sampai kiamat dan takdirnya berakhir.

bertahun-tahun sampai risa dewasa, dia pernah mencoba untuk melepas kemampuannya untuk melihat hantu. dia sering menghindar apabila saat berjalan di kampus, di kamar, di jalan bertabrakan atau berdampingan dengan hantu. dia berusaha keras tidak melihat mereka. tapi semakin dia menolak dan pura-pura tidak melihat mereka, hantu-hantu itu semakin gencar mendekati risa.
Suatu hari saat dia pulang dari stasiun radio bandung dan naik lift bersama teman-temannya, risa diganggu oleh hantu wanita. hantu itu tertawa mengerikan di depan muka risa, tapi risa pura-pura tidak melihatnya dan sibuk melihat hape di depannya. merasa dicuekin, hantu itu lalu menjilat-jilat lengan risa yang waktu itu mengenakan lengan pendek. risa ingin menjerit tapi mengingat temn-temannya disekitar dia, risa mencoba tetap bertahan. Tak lama mereka akhirnya membuka lift, risa lega melihat meninggalkan hantu wanita tiu dengan geram.

Ada lagi saat risa pulang dari kampusnya menuju rumah naik mobil. saat dia melewati perlintasan kereta api, dilihatnya sepasang remaja mengenakan seragam SMA, yang lain, mereka berdarah-darah. risa sadar kalau mereka hantu, dia pura-pura tidak melihat. tapi setelah di beloka-belokan menuju rumahnya, sepasang remaja itu terus menerus menampakan sosoknya.

Dan risa paling benci kalau saat perjalanan risa dikagetkan dengan hantu yang tiba-tiba duduk di kursi belakang mobilnya. pernah ada anak kecil yang menangis-nangis mencari mamanya, tapi sekejap juga hilang. membuat risa kaget dan hampir membahayakan nyawanya.

Atau saat risa berlibur bersama teman-temannya di vilaa. saat mereka berfoto di gedung tua, hasil foto di kamera hp risa terlihat di atas gedung ada nenek-nenek yang berdiri dengan senyum menegreikan. seketika temen-teman risa dan risa kaget bukan main. risa juga heran baru kali ini ada hantu yang menampakkan diri pada manusia normal. Risa menyimpan foto itu. sampai saat dia tertidur, tiba-tiba ada yang memanggilnya. " mbak yu.. mbakyu.." dibuka matanya ternyata itu suara nenek-nenek di atas gedung tadi. risa sangat takut meilhat sosok nenek-nenek yang wajahnya tak berbentuk lagi itu. hantu itu mengikuti risa terus dan menghilang saat risa menghapus fotonya di kamera hpnya.

Hantu-hantu yang terus menerus memperlihatkan bentuk yang mengerikan itu perlahan-lahan hilang ketiak risa sadar kalau dia semakin menolak kemampuannya mereka semakin menunjukkan keberadaanya. dia maish mempertahankan kemampuannya karna risa masih berharap kalo kelima teman masa kecilnya tiba-tiba datang dan bersama lagi.

sekian tahun risa mencoba agar teman-temannya kembali. dari mengunjungi rumah tua neneknya yang sekarang sudah berubah menjadi rumah modern. tapi sampai jam 9 malam risa menunggu, keadaan rumah itu tetap sepi, tidak ada tanda-tanda mereka datang.
Keadaan risa yang mulai berubah, hidupnnya mulai tumbuh di dunia musik. terpikirkan oleh risa untuk membuat lagu untuk peter dan yang lainnya. semoga dengan lagu itu bisa membuat mereka datang.
hari itu risa melakukan rekaman, mulai menyanyikan lagu ciptaannya, Story of Peter.
"peter william hans hendrick, jansen.. demi tuhan sekali saja tolong muncul di depanku untuk membantuku bernyanyi lagu yang menceritakan kalian semua.. bukan hanya tentang peter, tolong muncul aku sangat merindukan kalian semua. mata risa terbuka, berharap mereka sudah ada didepannya, tapi tak ada. dia menghela nafas dan mulai ber
yanyi terpejam

sad eyed boy in his silly pants
sometimes his there
sometimes he sides
pale fair skin and his tiny hands
waving from distance in black and white

dengan sepenuh hati risa bernnyanyi agar mereka yang mendengar bisa mengerti betapa besar arti lagu ini.

nobody sees him when his around
but his besides me whenever I'm down
run about and play around my silky dress
now I could never forget his face

risa melihat sekeklilingnya, dan nihil.dia melanjutkan part yang paling disukai mereka berlima dan risa waktu kecil dulu.

abdi teh ayeuna gaduh hiji boneka

belum selesai risa menyanyikan liriknya, tiba-tiba terdengar jelas suara-suara anak kecil yang ikut bernyanyi bersamanya. risa menangis tanpa sadar mendengar suara mereka semakin keras.

teu kinten saena sareng lucuna
ku abdi di erokan erokna sae pisan
cing mangga tingali boneka abdi

suara mereka berlima terdengar bersemangat sekali sampai risa tidak bisa mendengar suaranya sendiri. risa membuka mata dan melihat sekelilingnya, anak-anak hantu belanda yang masih seperti dulu. peter hans hendrick william dan janssen, yang menatapnya heran karna kini risa tidak sama lagi seperi mereka dulu. "benarkah ini kalian semua? ini bukan mimpi kan?" risa memberondong mereka dengan pertanyaan-pertanyan tak percaya yang segera memeluk mereka berlima erat.
"risa, sekarang kau berubah semakin tinggi dan gendut." kata jansen yang disambut tawa kelimanya.

Mereka yang diharap risa datang hanya sekali ternyata semakin sering datang dan mengisi hari-hari risa lagi. jauh lebih menyenanngkan daripada saat kecil dulu. suara tawa peter, suara ketus hans hendrik, biola william yang mengalun dan kenakalan jansen, sampai sekarang menemani risa di kehidupannya.

waktu di acara empat mata dulu _ketauan tontonanya tukul eea- si risa saravati ini pernah datang, bareng orang-orang yang punya six senth. dan waktu sesi tanya jawab itu, risa bilang peter dan yang lainnya berdiri di belakang risa dan ikut bersamanya selama siaran itu. hihihiihi dan ternyata waktu risa ada acara nyanyi di mana-mana dan menyanyikan story of peter, peter dengan suka rela menari bersama risa, meskipun orang-orang yang melihatnya tidak bisa melihat sosok peter.


17 komentar:

  1. nice writing about risa. keep the good work. thnx.

    ReplyDelete
  2. I love u risa and i love all your 5 childhood frens..!

    ReplyDelete
  3. thanks...memang terkadang susah memiliki suatu yang tidak di miliki oleh kebanyakan orang...punya suatu titipan kelebihan terkadang juga punya tanggung jawab lebih,

    ReplyDelete
  4. Sepertinya cerita Risa ttg Peter dkk, tidak benar ah..hanya khayalan saja, mengapa saya yakin itu hanya cerita khayalan karena anak2 belanda yg tinggal di Indonesia pada masa itu, mereka bersekolah di sekolah Belanda, apalagi kalau kedua orang tuanya adalah orang Belanda bukan campuran, mereka berbahasa belanda, mengerti tentang budaya Belanda, otomatis komunikasipun seharusnya dalam bahasa belanda, tidak dalam bahasa Indonesia apalagi bahasa Belanda, mengapa ? karena mereka tidak bergaul dengan bangsa Indonesia selain dengan para bediende atau babu, kemudian lagi kalau memang pada saat itu keluarga mereka dibunuh dan mereka juga dibunuh, akan ada data2nya, siapa nama keluarga mereka, kemudian nama2 anak Belanda itu biasanya ada roepnaam, Peter tidak akan disebut Peter tapi biasanya Piet, Jansen itu juga tidak lazim untuk nama depan, kalau Jan atau Jaantje...yah pokoknya banyak yg tidak sesuai lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending kamu baca dulu buku teh risa yg pertama kali dibuat sama teh risa.. Judulnya "GERBANG DIALOG DANUR".

      Delete
  5. Saya besar di keluarga yg walaupun berdarah Indonesia, tapi mempunyai ada sedikit keturunan Belanda, dan kami saja mengetahui tradisi ttg belanda, dan tradisi2 seperti Sinterklaas, zwarte piet, lagu lagu dalam bahasa belanda dan perkataan2 dalam bahasa belanda, jadi mana mungkin anak2 belanda totok sama sekali tidak mengerti atau bisa berbahasa belanda. ( seperti pengakuan Risa di acara Hitam Putih sewaktu ditanya oleh Deddy Corbuzier ). ini hanya cerita khayalan saja untuk menulis buku,

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Kan dulu jaman perang. Ya beda lah sama tradisi belanda di indo yg sekarang.

      Siapa tau aja keluarga kamu itu orang belanda dari keturunan jauhnya.
      Lagian orang tua si peter dan keempat temannya itu angkatan militer. Mana bisa ngajarin anaknya tentang budayanya disaat perang_-

      Delete
    3. Bener banget tuh ka aku aja yang ayahnya orang Belanda walaupun tau tradisi Belanda, dan tradisi seperti sinterklaas,zwarte piet, dan lagu dalam bahasa Belanda, bahasa belandanya juga tau,,,,tapi kan kita harus berfikir bahwa dulu itu jaman perang ga mungkinlah peter cs diajarin tradisi Belanda,ayah aku juga tentara dan aku juga udah belajar banyak tentang prajurit. So, kalau prajurit itu kalau lagi perang ga bakal ngajarin tentang tradisi

      Delete
    4. Bener banget tuh ka aku aja yang ayahnya orang Belanda walaupun tau tradisi Belanda, dan tradisi seperti sinterklaas,zwarte piet, dan lagu dalam bahasa Belanda, bahasa belandanya juga tau,,,,tapi kan kita harus berfikir bahwa dulu itu jaman perang ga mungkinlah peter cs diajarin tradisi Belanda,ayah aku juga tentara dan aku juga udah belajar banyak tentang prajurit. So, kalau prajurit itu kalau lagi perang ga bakal ngajarin tentang tradisi

      Delete
  6. untuk Anonymous Anonymous, by Anonymous, komunikasi dgn 'mereka-mereka' itu tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, dan BAHASA. elo aja yg bego karena elo ga ngerti dan ga punya pengalaman pribadi akan hal-hal tsb. komunikasi berlangsung dgn yg namanya inner communication. for dearest Gabriela, keep doin' this nice works, write more real stories that we can actually believe that it is True and Happening. people that have their own supranatural experiences tell the truth, and those who are just ordinary, can only tell their goddamn shits.

    ReplyDelete
  7. Namanya teh Risa Saraswati, bukan Risa Sarasvati..

    ReplyDelete
  8. Ini cerita asli atau hanya settingan?

    ReplyDelete
  9. Di film danur hantu nya bukan 5 trus mba asih nya bunuh diri pake sisir sbner ny film danur kurang seru cerita nya bisa ketebak trus ga puguh cerita ny singkat banget

    ReplyDelete
  10. Maaf ka, banyaaaaak banget typonya ya.

    ReplyDelete

Me .... :D

My photo
Im just a little girl in the big world,i have biggest dream make my parent and brother happy, around the world

Lovely Friends

  © Blogger Template by Emporium Digital 2008

Back to TOP